Breaking News
recent

Kiat-Kiat Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Bagi kalian yang telah lolos masuk PKN STAN yang menjadi anak kost dan memiliki budget bulanan yang pas-pasan berikut ini adalah kiat-kiat untuk menghemat pengeluaran uang kalian, tapi hemat bukan berarti pelit yaa.

Hemat adalah dimana kalian bisa menggunakan uang yang kalian miliki dengan sebaik-baiknya dan secermat-cermatnya alias tidak boros.

Berikut ini adalah kiat-kiat untuk mengatur keuangan kalian agar tidak boros.

1. Atur Prioritas

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengatur prioritas. Jika kalian dihadapkan pada berbagai pilihan, tentukan mana yang harus kalian pilih. Bijaklah dalam memilih dan menentukan mana yang harus kalian penuhi terlebih dahulu. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan kalian. Jangan ikuti hawa nafsu, jangan belanja berlebihan pada hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan kalian.

Jangan sampai kalian menyesal ketika suatu waktu hal yang harus kalian penuhi tidak bisa kalian lakukan, karena budget yang kalian punya sudah habis. 
Intinya, jangan gengsi dan malu kalau tidak membeli apa-apa di saat kalian nyuci mata, daripada kalian tidak punya persediaan uang ditanggal tua.

2. Tentukan Pengeluaran

Cara kedua adalah kalian harus menentukan pengeluaran harian atau mingguan kalian. Buatlah rancangan pengeluaran kamu dalam sehari atau seminggu, sehingga kalian mengetahui estimasi pengeluaran kalian hingga seminggu kedepan.

Sebagai contoh, kalian membuat anggaran sehari untuk makan adalah 50k, maka keluarkan lah uang harian kalian tidak melebihi dari budget tersebut, sehingga kalian dapat mengestimasikan pengeluaran kalian perbulan dengan tepat.

Dengan demikian, kalian lebih terencana dalam memanfatkan dan menghabiskan uang yang kalian punya. Sehingga kalian dapat mengontrol keuangan kalian dengan baik. Seandainya pengeluaran kalian melebihi ambang batas yang sudah ditentukan, sudah saatnya kamu belajar untuk mulai mengerem pengeluaran kamu ya!

3. Membawa Uang Pas

Cara selanjutnya agar tidak boros yaitu dengan membawa uang pas kemana pun kalian pergi. Dengan membawa uang pas, kalian akan lebih selektif untuk menentukan apa saja yang harus kalian beli. Kalian pun tidak mudah tergoda ketika teman-teman mengajak kalian untuk berbelanja atau sekedar hang out.

Selain itu, kalian juga tidak akan sembarangan untuk menghabiskan uang. Sehingga dengan membawa uang pas, keinginan kalian atau nafsu kalian akan suatu hal akan lebih terkontrol karena dengan budget yang kalian bawa terbatas.

Namun untuk menghindari hal tak terduga, usahakan kalian bisa menyimpan uang mati, uang mati itu seperti uang menetap yang kalian bawa namun tidak bisa kalian pakai, contohnya kalian membawa uang mati 1 lembar 100k, nah uang itu jangan kalian gunakan kecuali dalam keadaan darurat.

4. Jangan Gengsi

Hal terakhir yang satu ini merupakan hal yang sangat penting, jangan gengsi. Kebanyakan orang saat ini lebih sering mengikuti tren atau gaya hidup yang berlebihan meski dengan budget yang pas-pasan, semoga kalian bukan termasuk golongan orang yang seperti itu ya.
Golongan orang yang memiliki gengsi besar dan memiliki budget pas-pasan terkesan memaksakan dan juga menyiksa diri sendiri karena gengsi yang besar membuat hati kalian selalu resah.

Kalian tidak boleh gengsi terhadap apa pun. Misalnya, tidak ada salahnya makan di warteg, beli baju bukan yang mahal. Intinya, jangan malu untuk melakukan hal itu semua, karena yang harus kalian lakukan adalah apa yang kalian butuhkan, bukan apa yang harus diperlihatkan. Jadi, buang jauh-jauh sifat gengsi terhadap apa pun sekarang juga!

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk hidup hemat?
maka lakukanlah hal hal diatas, dijamin kalian akan lebih hemat dan menjadi orang yang sederhana.
karena pemboros pemboros juga merupakan temannya setan, makan berhematlah.

"Mendapatkan uang seperti menggali dengan jarum. Menghabiskan uang seperti air meresap ke pasir." ~anonym
ENS Bandung

ENS Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berinteraksi dengan kami, dengan mengirimkan pesan kepada kami. Kami akan senang untuk membalasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.