Breaking News
recent

Jenis Jenis Tes Kesehatan dan Kebugaran di PKN STAN


Seperti yang telah kita ketahui, setelah kita dinyatakan lulus dalam tes pertama yaitu tes tulis, kita akan menghadapi tes kesehatan dan kebugaran.
apa saja tes yang dilaksanakan dalam tes kesehatan dan kebugaran?
Berikut penjelasannya:

Tes Kesehatan

Setelah selesai di tahap pertama yaitu tes tulis, selanjutnya adalah tes kesehatan yang terdiri dari cek kesehatan umum, cek kesehatan mata dan cek kesehatan keseluruhan.

Urutan tes kesehatan

1. Mengisi Form Kesehatan

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengisi form kesehatan.
Tes kesehatan sendiri dimulai pada pukul 07;30. Setelah datang kalian akan diberikan nomor antrian dan diminta untuk mengisi formulir kesehatan yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara. Form pengisian ini terdiri dari biodata diri dan riwayat kesehatan, kalian harus mengisinya dengan lengkap dan dengan keadaan kesehatan kamu yang sebenarnya.

2. Cek Kesehatan Umum

Dalam cek kesehatan umum, kalian akan dicek berat badan, tinggi badan, tensi darah dan denyut nadi. Berat badan kalian akan dihitung dengan rumus tinggi badan – 110 untuk mengetahui apakah berat badan kalian sudah ideal atau tidak.

Namun, sebenarnya dalam hal ini tidak ada ketentuan mutlak untuk memiliki berat badan ideal supaya bisa lolos, asalkan kalian sehat, itupun sudah cukup. Tapi dengan memiliki berat badan ideal itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh kalian, sehingga kalian sebisa mungkin harus mengusahakan berat badan kalian ideal agar kesempatan untuk lolos lebih besar.

3. Cek Kesehatan Mata

Disini mata kalian akan dicek plus / minus / silinder dan buta warna.
Jika dokter pemeriksa menuliskan ‘VOD 6/6’ di form kesehatan kalian itu artinya mata kalian normal dan lolos kriteria.

Khusus untuk program studi Bea Cukai, mata yang dapat lolos test ini adalah -2, tapi jika di atas -2 atau kalian buta warna, kalian akan dinyatakan tidak lolos.
Namun untuk program studi lain selain Bea Cukai, di atas -2 masih diperbolehkan. Dan perlu diketahui, untuk pengidap buta warna total kalian akan bisa untuk masuk PKN STAN.

 4. Cek Kesehatan Secara Menyeluruh

Setelah kalian dinyatakan lolos di tes kesehatan umum dan tes kesehaan mata. Selanjutnya kalian akan masuk tes kesehatan tubuh secara keselurahan, Berikut ini adalah urutan tes kesehatan secara keseluruhan, antara lain:

1). Kalian akan diperiksa bagian THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Telinga kalian akan dicek kebersihannya dan dicek apakah ada luka atau tidak. Hidung kalian akan dicek apakah ada benjolan (polip) atau tidak dan tenggorokan kalian akan dicek apakah mengalami radang kronis, amandel atau tidak.

2). Berikutnya bagian gigi kamu akan diperiksa. Dokter akan memeriksa kesehatan gigi kamu, ada lubang kronis atau nggak. Kalau kamu punya lubang gigi lebih baik kamu periksa dan menambal dulu ya sebelum mengikuti tes. Untuk masalah kerapihan gigi panitia masih bisa menoleransi kok.

3). Berikutnya adalah pengecekan pembuluh vena, kalian akan diperiksa untuk mengetahui apakah kalian menderita varises atau tidak. Bagi penderita varises yang sudah agak berat mungkin akan berpengearuh terhadap hasil tes.

4). Berikutnya adalah pemeriksaan bagian anus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengtahui apakah kalian menderita ambeyen atau tidak.

5). Yang akan diperiksa selanjutnya adalah bagian jantung, paru-paru, perut dan liver. Kalian akan diminta berbaring di ranjang lalu diperiksa.

6). Yang terakhir akan diperiksa adalah refleks sistem syaraf. Pemeriksaannya ini hanya bagian dengkul kalaian saja yang akan dipukul-pukul oleh dokter untuk mengecek relfeks kalian.

Tes Kebugaran

Dalam tes kebugaran ini kalian di tuntut untuk benar benar menyiapkan fisik kalian dengan baik agar hasilnya maksimal pula.
Dalam tes kebugaran harus melakukan lari memutar lapangan dan juga shuttle run

1. Lari Mengelilingi Lapangan

Tes lari mengelilingi lapangan ini bertujuan untuk mengecek kebugaraan dan daya tahan tubuh kalian. Kalian akan berlari mengelilingi lapangan dengan tempo waktu tertentu yaitu 12 menit. Di lapangan tersebut terdapat tiang-tiang pembatas yang digunakan untuk mengetahui jarak lari yang kalian tempuh dan mengukur berapa banyak putaran yang kalian dapatkan selama 12 menit, hal ini yang akan dijadikan penilaian.

Agar dapat lolos dalam tes ini, kalian kira-kira harus sanggup berlari sejauh 2 KM dalam waktu 12 menit atau setara dengan 5-8 putaran lapangan.

Khusus untuk program studi Bea Cukai, jarak yang harus kalian tempuh berbeda, kira-kira jarak yang harus kalian tempuh yaitu minimal 4-6 KM, itu berarti kamu harus mencapai 10-12 putaran dalam 12 menit.

2. Shuttle Run

Setelah kalian melakukan tes pertama, kalian akan diberi waktu untuk beristirahat selama 10-15 menit. Setelah selesai istirahat kalian harus melanjutkan tes berikutnya yaitu Shuttle Run.

Shuttle Run yaitu berlari membentuk angka 8. Kalian akan berlari mengitari dua tiang dan membentuk pola angka 8 saat berlari, jarak tempuhnya yaitu kurang lebih 5-10 meter sebanyak 3 putaran.

Selain kecepatan untuk mengelilingi tiang-tiang tersebut, konsentrasi kalianpun diuji karena kalian dilarang untuk menyentuh tiang. Jika sampai tersenggol, kalian akan langsung didiskualifikasi.


Nah hal diatas adalah rangkaian tes kebugaran yang akan kalian lakukan setelah lolos dalam tes tulis. untuk itu kalian harus mempersiapkan diri kalian untuk lolos tes tulis dan mempersiapkan fisik kalian jika tolos tahap pertama.

untuk menunjang kalian lolos dalam tes tulis kita menyediakan bimbel terbaik di bandung untuk masuk PKN STAN.
ENS Bandung

ENS Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berinteraksi dengan kami, dengan mengirimkan pesan kepada kami. Kami akan senang untuk membalasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.